Widget edited by super-bee

Sabtu, 20 Oktober 2012

Tips Menghemat Biaya untuk Kesehatan


Salah satu pengeluaran terbesar setiap bulan bahkan setiap tahun bagi seseorang adalah biaya kesehatan  katakanlah minimal 50rb setiap bulan untuk biaya kesehatan seperti pembelian vitamin. Apa lagi jika ditempat kerja Anda sama sekali tidak memberikan asuransi kesehatan. Maka pengeluaran biaya kesehatan akan lebih tinggi, komponen biaya kesehatan yang terbesar adalah obat sehingga diperlukan kecermatan pada sisi komponen kesehatan ini. Berikut adalah tips untuk meminimalkan biaya kesehatan anda.

Ubah pola makan dan gaya hidup anda
Ada yang mengatakan bahwa sumber penyakit adalah apa yang kita makan dan lakuka setiap hari. Dengan mengubah pola makan dan gaya hidup sehat akan meminimalisir resiko penyakit yang menghampiri anda dari mulai penyakit ringan sampai penyakit berat atau kronis, jadi mulai lah dari diri sendiri untuk pola makan seimbang dan gaya hidup sehat

Berhenti merokok
Sudah banyak literatur dan penelitian yang menyatakan dengan tegas bahwa manfaat merokok tidak sebanding dengan racun yang terkandung didalamnya dengan berhenti merokok, Anda bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat dan memiliki uang tambahan untuk investasi kesehatan karena anda tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli rokok. Saat ini, penyakit terbesar di sebagian besar negara Asia adalah berkaitan dengan paru-paru. 

Cermat memilih Asuransi kesehatan
Asuransikesehatan apapun yang anda beli baik melalui agen ataupun oleh perusahaan tempat anda bekerja, pastikan bahwa anda telah mengetahui dengan jelas apa yang anda dapatkan. bandingkan apa yang anda dapatkan dengan program serupa dari perusahaan asuransi lainnya. Pastikan anda mengetahui secara detail dan cermat manfaat dari asuransi yang anda beli sehingga bisa mendapatkan manfaat maksimal untuk kesehatan anda. 

Bicarakan setiap biaya ketika dirawat di Rumahsakit
Jika dokter mendiagnosa keadaan kesehatan anda, tanyakan dengan jelas tes apa yang diperlukan, resep yang harus dibeli, terapi yang diperlukan dan biaya apa saja yang harus anda bayar kepada rumah sakit. Hal ini perlu anda lakukan agar Anda tidak dirugikan dengan ditagih untuk sesuatu yang sebenarnya anda tidak butuhkan.farmatika

Curhat kepada Dokter dan Apoteker
Sistem kesehatan dan pemberian resep memang sudah diatur, tapi bukan berarti dokter dan apoteker tidak bisa membantu pasiennya menghemat ongkos obat. Sudah diatur dalam PP Nomor 51/2009 pasal 24b dan Kepmenkes 1332/Menkes/SK/X/2002 bahwa apoteker dapat mengganti obat paten dengan obat generik dengan persetujuan dokter dan atau pasien jika pasien tidak dapat membeli obat yang diresepkan. Jadi mintalah kepada dokter agar diresepkan obat generik dan konsultasikan obat yang diresepkan kepada apoteker untuk mendapatkan informasi obatnya

Minta pilihan kepada dokter dan Apoteker
Ketika dokter meresepkan obat baru, mintalah untuk dibuatkan 3 pilihan obat. Tanyakan obat mana yang tercakup dalam asuransi dan batasan obat yang bisa ditanggung asuransi. Pilih obat yang terbaik dengan harga terjangkau, hal ini dapat dikonsultasikan juga dengan Apoteker tetap dengan persetujuan dokter dan atau pasien sesuai dengan PP Nomor 51/2009 pasal 24b dan Kepmenkes 1332/Menkes/SK/X/2002

Membandingkan harga obat
Bandingkan harga obat antar apotek, lalu muncul pertanyaan "mengapa hanya antar Apotek saja?" karena selain dapat membandingkan harga obat pasien juga mendapatkan jaminan mutu obat asli karena sekarang sudah banyak beredar obat palsu serta pasien mendapatkan info lengkap terkait obat yang akan dibeli dengan berkonsultasi kepada Apoteker. Seringkali pelanggan mendapat diskon jika memesan untuk persediaan selama 30 - 90 hari. Jika anda berbelanja di apotek online, pastikan situs penyedia obat telah disertifikasi dan mendapat persetujuan badan POM dan memiliki bagunan fisik apotek. Akan lebih baik jika membeli semua obat di apotek yang sama, sehingga apotek dapat melacak potensi interaksi obat yang berisiko dengan catatan post medical report di apotek.

Meminta obat generik daripada obat paten
Tanyakan kepada dokter jika ada obat generik yang bisa diresepkan, bukan obat paten. Harga obat generik 80% - 85% lebih rendah dibandingkan rata-rata obat paten, namun dengan khasiat sama. jadi, pilih merk atau khasiat ??

Mencegah lebih baik daripada mengobati
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memantau kondisi tubuh sejak dini adalah hal yang paling efektif menjauhkan diri dari penyakit. Pemeriksaan rutin akan mengurangi kemungkinan pembelian obat untuk menjalani pengobatan yang seharusnya bisa dicegah.



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar